Info jurusan Jurnalistik

Info jurusan Jurnalistik

Kebebasan berpendapat adalah awal mula dari lahirnya masyarakat demokrat. Kebebasan ini bukan hanya merupakan hak mendasar di Inggris yang tercantum dalam Human Rights Act 1998, namun juga merupakan suatu karakteristik kuat dari insan pers Inggris. Setiap karya tulis dari tiap penulis saat ini, bahkan pembaca sekalipun, bukan hanya diminta untuk berpendapat, namun juga mengekspresikannya.
Fakta ini menyebabkan jurusan jurnalistik menjadi jurusan yang menarik di Inggris. Media, baik itu dalam bentuk cetak, TV ataupun online, bertanggung jawab dalam menyediakan informasi yang dibutuhkan publik dalam menyatakan pendapat yang berimbang, dimana memberi kuasa bagi para jurnalis untuk mengubah dunia.

APAKAH JURUSAN INI TEPAT UNTUK SAYA?

Apakah Anda memiliki rasa ingin tahu yang besar? Apakah Anda memiliki minat pada berita dan isu-isu terkini? Apakah Anda senang mengabarkan dan berdiskusi mengenai isu-isu dan masalah budaya utama? Jika iya, maka jurnalistik merupakan jurusan yang tepat untuk Anda.
Sebagai bagian dari perkuliahan, Anda tidak hanya diharuskan peka terhadap isu-isu sosial dan budaya, namun juga Anda akan mempelajari mengenai pertanggungjawaban hukum dan moral untuk bekerja di dunia pers, dan juga mempelajari sejarah dari jurnalistik dan revolusi online saat ini.
Media pers Inggris sangatlah beragam, mulai dari tabloid dan surat kabar hingga TV dan radio, Anda akan mempelajari bagaimana menulis dalam format yang berbeda-beda untuk sasaran pembaca yang beragam. Mahasiswa yang berhasrat dan fokus pada jurusan inilah yang akan mendapat hasil maksimal selama perkuliahan.

PROSPEK KERJA

Sudah jelas bahwa kebanyakan mahasiswa yang memilih jurusan jurnalistik adalah mereka yang berencana bekerja sebagai jurnalis setelah wisuda. Kualitas perkuliahan, mata kuliah yang dipelajari, dan tingkat pengalaman kerja yang dimilikilah yang memperbesar peluang Anda untuk memilih berbagai jenis pekerjaan.
Pekerjaan dalam bidang jurnalisme cenderung kompetitif dan membutuhkan lulusan dengan nilai memuaskan, selain juga pengalaman magang. Jika setelah wisuda Anda memutuskan untuk tidak bekerja sebagai jurnalis, tersedia banyak berbagai jenis pekerjaan lainnya di dunia karir, yang membutuhkan ilmu jurnalistik Anda. Banyak lulusan yang memilih untuk bekerja di agensi PR, perusahaan pers dan perusahaan penerbit. Bahkan tersedia pilihan untuk menambah pemasukan dengan menjadi penulis paruh waktu.
Jika setelah wisuda Anda berencana untuk bekerja di bidang yang sama sekali tidak berhubungan dengan jurnalistik, maka tersedia pilihan untuk melanjutkan pendidikan Anda pada program pascasarjana. Banyak lulusan jurusan jurnalistik melanjutkan pendidikan untuk mendapat gelar Diploma Hukum dengan tujuan untuk menyiapkan diri menjalani ujian pengacara atau advokat, sedangkan sebagian lainnya memilih untuk mengajar dan melanjutkan pendidikan pada program pasca sarjana jurusan Ilmu Pendidikan.

PROSES PERKULIAHAN

Seperti halnya jurusan sastra, rata-rata gaji awal lulusan jurusan jurnalistik yang masih baru, lebih rendah dibandingkan jurusan lainnya. Namun, gaji maksimum seorang jurnalis dapat lumayan besar, maka dari itu persaingan yang cukup sengit dapat dirasakan saat penerimaan mahasiswa, terutama pada universitas-universitas ternama seperti Universitas City. Sebagian besar universitas mewajibkan calon mahasiswanya untuk memiliki nilai nilai A untuk subjek tertentu, seperti Sastra Inggris dan Bahasa Inggris.
Tiap universitas yang menawarkan jurusan jurnalistik memiliki persyaratan masuk yang berbeda-beda, namun biasanya masa perkuliahan jurnalistik membutuhkan waktu minimal 3 tahun. Beberapa universitas menawarkan kesempatan untuk memperpanjang masa kuliah sekitar satu tahun untuk kuliah di luar negeri ataupun mengikuti magang dalam bidang jurnalistik.
Bagi mahasiswa asing yang berbahsa ibu selain bahasa Inggris diwajibkan mengikuti ujian IELTS dengan nilai minimal 6.0-6.5.

MENENTUKAN TEMPAT KULIAH

Bagi maha siswa jurusan jurnalistik, penting bagi Anda untuk memilih universitas yang memberi peluang besar bagi masa depan karir Anda di dunia kerja. Anda sebaiknya memilih lokasi universitas yang bukan hanya menyenangkan, namun juga dapat menyediakan pengalaman semaksimal mungkin. Jika Anda dapat memilih, cobalah berkuliah di universitas yang berlokasi di kota dengan industri jurnalistik yang berkembang, hal ini akan memudahkan Anda untuk mendapatkan pekerjaan secepatnya di wilayah sekitar.
Saat memutuskan untuk masuk ke jurusan jurnalistik, hal yang menjadi pertanyaan adalah, subjek manakah yang paling menarik minat Anda? Anda akan berkuliah selama minimal 3 tahun, jadi penting bagi Anda untuk memastikan bahwa universitas yang Anda pilih menawarkan mata kuliah spesialisasi yang anda minati. Apakah itu mempelajari mode dan pola penulisan ataupun siaran radio, terdapat berbagai jenis pilihan tersedia bagi tiap mahasiswa.
Tentu saja biaya dan nilai akademik juga menjadi bahan pertimbangan dalam memilih universitas. Kebanyakan universitas ternama seperti Universitas City mewajibkan mahasiswanya memiliki nilai minimal 3 A-levels atau yang setara. Apakah nilai yang Anda dapatkan sudah memenuhi persyaratan ini?
Jika Anda mengalami masalah dalam segi biaya, banyak pilihan beasiswa yang tersedia bagi mahasiswa.

0 Response to " Info jurusan Jurnalistik"

Poskan Komentar

Pertanyaan Saran dan Kritik bisa disampaikan disini: