Info jurusan Kedokteran Hewan

Info jurusan Kedokteran Hewan

Kedokteran hewan mempelajari tentang pencegahan, perawatan dan pengobatan penyakit hewan. Kedokteran Hewan merupakan mata pelajaran yang telah ada sejak lama. Buku pelajaran pertama mengenai kedokteran hewan ditulis pada tahun 500 SM. Walau pun demikian, sesungguhnya praktek kedokteran hewan telah ada di masyarakat sejak lebih lama lagi. Tulisan Hieroglif Mesir Kuno menggambarkan bahwa mereka melatih orang-orang untuk memberikan pengobatan kepada hewan-hewan ternak mereka).
Di jaman modern ini, banyak yang memilih untuk mempelajari tentang pengobatan untuk hewan-hewan peliharaan seperti kucing dan anjing. Banyak juga yang mempelajari tentang pengobatan hewan-hewan eksotik dimana mereka sering harus berpergian dari satu negara ke negara lain.

APAKAH JURUSAN INI TEPAT UNTUK SAYA?

Jurusan Kedokteran Hewan sering melibatkan interaksi dengan hewan. Oleh karena itu, jika Anda mempertimbangkan untuk mengambil jurusan ini, Anda haruslah seorang yang menyukai hewan.
Jurusan Kedokteran Hewan dikenal sebagai jurusan yang kompleks. Bahkan ada yang mengatakan bahwa pengobatan hewan lebih susah daripada pengobatan manusia. Sebagai bagian dari program ini, Anda akan diharuskan untuk mempelajari berbagai jenis penyakit untuk berbagai jenis hewan. Di luar jam kuliah dan bahkan di saat libur kuliah, Anda mungkin diharuskan untuk praktek lapangan.
Hanya ada 7 universitas terakreditasi di Inggris yang meyediakan jurusan ini.

PROSPEK KERJA

Mayoritas lulusan Jurusan Kedokteran Hewan bekerja sebagai veterinarian, mengobati hewan domestik atau pun ternak. Veterinarian yang mengobati hewan eksotik sering kali harus berpergian dari negara yang satu ke negara lainnya. Ada juga para lulusan yang bekerja di bidang penelitian dan perlindungan hewan, terutama untuk tujuan riset biomedis. Gaji rata-rata untuk para lulusan jurusan ini adalah £25,807 per tahun di Inggris. Karena yang mengambil jurusan ini termasuk sedikit, tingkat emploitasinya cukup tinggi, yaitu sekitar 91-94%.

PROSES PERKULIAHAN

Di Inggris hanya ada 7 universitas yang menawarkan Jurusan Kedokteran Hewan. Modul-modul yang ditawarkan juga serupa karena harus diakui oleh Royal Veterinary College.
Program Sarjana pada umumnya akan berlangsung selama 5 tahun. Jika Anda ingin berspesialisasi di satu bidang Anda harus menambah 1 tahun lagi. Di Universitas Cambridge, ada program kuliah yang berlangsung selama 6 tahun. Untuk Program Pascasarjana, lama kuliah memakan waktu sekitar 1 tahun.
Jika Anda adalah pelajar asing, Anda harus memiliki sertifikat IELTS dengan nilai minimal 6.5 untuk bisa diterima kuliah di Inggris. Untuk Program Sarjana Kedokteran Hewan, syarat masuknya adalah memiliki 3 nilai nilai A untuk mata pelajaran seperti kimia, matematika dan biologi. Beberapa universitas bahkan mengharuskan calon mahasiswanya untuk lulus Bio-Medical Admission Test.
Untuk mengambil Program Pascasarjana, Anda harus memiliki Gelar Sarjana dengan predikat 2:1.

MENENTUKAN TEMPAT KULIAH

Dikarenakan hanya ada 7 universitas di Inggris yang menawarkan Jurussan Kedokteran Hewan, persaingan masuk sangat ketat. Hal yang sama juga terjadi di Australia, Irlandia dan New Zealand (Selandia Baru). Di negara-negara Eropa seperti Swedia, persaingan masuk tidak begitu ketat, tetapi universitas di sana juga termasuk mempunyai reputasi yang baik di dunia veterinari.
Kuliah di Jurusan Kedokteran hewn bisa memakan waktu 6 tahun. Oleh karena itu Anda perlu mempertimbangkan biaya kuliah dan biaya hidup. Biaya kuliah di Eropa lebih murah dari di Australia. Anda bisa memilih sesuai dengan kemampuan Anda. Jika Anda mempunyai halangan di bidang finansial, ada sejumlah beasiswa yang bisa membantu Anda.
Selain universitas, lokasi juga sangat penting. Anda akan belajar dan tinggal disana, sehingga sangat penting bahwa universitas pilihan Anda terletak di sebuah lingkungan di mana Anda bisa berkembang dengan baik secara sosial dan akademis.

0 Response to " Info jurusan Kedokteran Hewan"

Poskan Komentar

Pertanyaan Saran dan Kritik bisa disampaikan disini: