Beasiswa Unggulan CIMB Niaga-Kemdikbud RI

Turning Point of Me
“Usaha mendapatkan beasiswa Unggulan CIMB Niaga-Kemdikbud RI”
By Dendi Krisna Nugraha
Assalamualaikum….
Salam sejahtera untuk kita semua. Perkenalkan nama saya, Dendi Krisna Nugraha. Saya berasal dari daerah terpencil di bagian selatan provinsi Jawa Timur. Tepatnya di kota Trenggalek. Pernah dengar??
Langsung saja ya… Saat ini saya tercatat sebagai mahasiwa tingkat kedua yang sedang menempuh pendidikan S1 Program Studi Sekolah Ilmu dan Teknologi Hayati dan mengambil jurusan Mikrobiologi di Institut Teknologi Bandung (ITB). Masuk di sebuah universitas yang kata orang sebagai “institut terbaik bangsa” merupakan kebanggaan tersendiri bagi saya dan keluarga. Memang dari dulu saya sangat ingin menempuh pendidikan di ITB dan Alhamdulillah sekarang mimpi itu bisa terwujud.
Selain menjadi kebanggaan bisa kuliah di ITB, mendengar kata Bandung  pikiran saya sudah menerawang jauh. Menerawang tentang bagaimana nanti saya bisa beradaptasi dengan kehidupan di sana, bagaimana nanti saya mampu menjalani hari-hari saya dan yang paling membuat saya khawatir bagaimana saya nanti mampu bertahan hidup dengan segala kemewahan kota Bandung. Ketika saya menginjakkan pertama kali di Kota Bandung bulan Mei 2011 lalu, dan menjalani kehidupan beberapa hari di sana saya benar-benar terkejut dengan kehidupan masyarakat disana yang sangat berbeda dengan kehidupan yang saya jalani di kota asal saya. Kehidupan yang serba waaah dan tentunya biaya hidup di Bandung tidaklah murah.
Kata kakak kelas saya yang juga kuliah di ITB, “kuliah di ITB bagi kita adalah sebuah kenekatan.” Memang demikian kenyataanya, saya sebagai orang yang berasal dari kota terpencil dan sering menjalani kehidupan sederhana justru kini diharuskan untuk berbaur dengan kehidupan ala kota metropolitan. Tetapi sekali lagi modal saya hanyalah kenekatan dan saya hanya mempersiapakan diri sebaik  mungkin untuk bisa menjalaninya.
Ketika hari-hari kuliah telah berjalan, mimpi yang selalu terngiang di benak adalah saya harus bisa mendapatkan beasiswa yang nantinya dapat menunjang pendidikan dan kehidupan saya di kampus ITB selama 4 tahun kedepan. Tidak bergantung lagi kepada ayah dan ibu yang telah susah payah membiayai kuliahketiga orang anaknya. Dari mimpi itulah, perjuangan seorang anak desa dalam mendapatkan beasiswa dimulai….
Baiklah sekarang kita akan berbicara tentang beasiswa. Banyak macam beasiswa yang ada di Indonesia, mulai dari beasiswa ekonomi, beasiswa pendidikan penuh, beasiswa unggulan dan bahkan ada beasiswa usaha kecil kreatif. Yang akan saya bahas lebih lanjut dalam artikel ini lebih kepada Program Beasiswa Unggulan CIMB Niaga – KEMDIKBUD. Pernah dengar Bank CIMB Niaga? Yap… Bank CIMB Niaga inilah yang menyelenggarakan progam beasiswa unggulan. O..iya, beasiswa yang saya ikuti ini adalah beasiswa unggulan yang artinya beasiswa yang ditujukan kepada anak-anak berprestasi yang telah melalui beberapa seleksi terlepas dari kemampuan finansial anak yang bersangkutan. Bank CIMB Niaga juga bekerjasama dengan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (KEMDIKBUD) RI untuk menyelenggarakan beasiswa unggulan ini. Beasiswa ini ditujukan kepada seluruh mahasiwa tingkat pertama (angkatan tahun 2011) di berbagai universitas negeri di seluruh Indonesia yang artinya seleksi beasiswa ini diselenggarakan secara nasional. Seleksi beasiswa ini dilakukan per wilayah disesuaikan provinsi tempat universitas tersebut berada. Misalnya di daerah Bandung, waktu itu seleksinya dilakukan di Universitas Padjadjaran meskipun banyak kita temui universitas lain seperti ITB,UNPAR,UNISBA,UPI dan lainnya.
Tahapan proses seleksi yang harus dilakukan untuk bisa mendapatkan beasiswa ini antara lain :
  1. Tahap 1 : Pendaftaran dan validasi dokumen
  2. Tahap 2 : Psikotest dan Kemampuan teori dasar bahasa Inggris
  3. Tahap 3 : Wawancara dengan psikolog dan perwakilan dari Bank CIMB Niaga dan KEMDIKBUD
  4. Tahap 4 : Wawancara dengan pihak HRD Bank CIMB Niaga
  5. Tahap 5 : Survei tempat tinggal dan validasi dokumen bagian dua
  6. Tahap 6 : Penentuan penerima beasiswa melalui rapat dari pihak CIMB Niaga dan KEMDIKBUD
Banyak suka dan duka yang saya alami selama mengikuti proses seleksi beasiswa ini, seperti jadwal wawancara yang sering bentrok dengan jadwal kuliah sehingga mengharuskan saya untuk membuat surat ijin untuk tidak mengikuti kelas dan parahnya lagi meminta stampel di Lembaga Kemahasiswaan itu susah banget. Selain itu pernah juga waktu tes tahap pertama yaitu psikotest, saya dalam keadaan fisik yang lemah lunglai diakibatkan sakit flu dan demam. Waah…waktu itu saya cuma bermodalkan niat saja, sudah pasrah dengan segala keputusan nantinya. Bahkan setelah psikotest, saya sudah putus asa dan merasa akan gagal dalam test tersebut. Namun, jalan Tuhan tidak akan pernah salah. Rejeki seseorang telah dipersiapkan dengan baik olehNya, hanya tinggal usaha dan semangat kita yang akan membawanya kesana.
Setelah melalui proses seleksi diatas selama moreless satu bulan, akhirnya pada tanggal 9 November 2011 saya ditetapkan menjadi salah satu penerima beasiswa unggulan CIMB Niaga – KEMDIKBUD angkatan 2011 dari ITB. Waaah… senang sekali rasanya setelah perjuangan untuk bisa mendapatkan beasiswa ini paid off sudah. Bukan melebih-lebihkan atau apa, tetapi menurut saya tahapan proses seleksi beasiswa ini sangat sulit dan ketat. Semua kemampuan hard skill, soft skill dan intelegensia kita benar-benar diuji disini. Meskipun berat, hasil yang akan diperoleh luar biasa kok. Ga percaya ?? ini nih buktinya, hehehe… ( ga bermaksud sombong ya, sok dibaca geura )

Penerima BU CIMB Niaga – KEMDIKBUD akan mendapatkan :
  1. Biaya pendidikan (uang semester ) selama 4 tahun kuliah ditanggung oleh KEMDIKBUD
Nb : biaya di ITB per semesternya adalah 5 juta
  1. Biaya hidup selama 4 tahun kuliah
Nb : living cost ( LC ) yang diberikan sangat lebih dari cukup,hehehe. Malah mulai bulan Oktober ini LC mengalami kenaikan sebesar 17.647 %. Mantap kan…
  1. Biaya pengembangan diri
Nb : meliputi seminar, workshop, pelatihan dll. Kegiatan ekskursi juga masuk dalam hal ini.
  1. 1 set Laptop
  2. Biaya Penelitian pada akhir studi ( skripsi )

Selain kita mendapatkan hak yang telah disebutkan di atas, penerima BU CIMB Niaga – Kemdikbud juga harus menjalankan kewajiban-kewajiban, seperti :
  1. Lulus kuliah jenjang Strata 1 selama 4 tahun
  2. Indeks Prestasi Semester ( IPS ) dan Indeks Prestasi Kumulatif ( IPK ) harus >= 3.00 ( kalo engga, waaah…ribet banget ngurusnya, semoga aja ga pernah deh )
  3. Berprestasi di bidang akademik dan bidang non akademik baik di tingkat universitas, nasional maupun internasional
  4. Menghadiri acara-acara yang diwajibkan oleh CIMB Niaga dan Kemdikbud seperti Annual Gathering, Halal Bi Halal dll.
  5. Melakukan publikasi artikel mengenai BU CIMB Niaga – Kemdikbud ( seperti sekarang ini )
  6. Kewajiban-kewajiban lain ( terkait ikatan dinas dll )
Bisa dikatakan biar dapat beasiswa itu gampang-gampang susah. Pasti ada usaha kan? Nah.. disini kita membutuhkan tips dan trik nih biar usaha kita bisa maksimal. Mau triknya?
  1. Punya niat ingin mendapatkan beasiswa tentunya ( niat untuk meringankan beban biaya yang ditanggung orangtua )
  2. Jangan pernah berhenti mencari informasi beasiswa. Bisa dari website atau nanya-nanya temen. ( kalo saya dulu dapetnya dari info temen )
  3. 3.       Penyelenggara beasiswa pasti menginginkan penerima beasiswa yang qualified. Nah bagaimana agar kita termasuk golongan kaum yang qualified sebagai penerima beasiswa? Tentunya punya prestasi akademik dan non akademik yang bagus. Selain mengasah otak kita juga harus mengasah kemampuan soft skills, public speaking, kemampuan bahasa Inggris, leadership, problem solving, critical thinking dll. Intinya berusaha mengkomplitkan kapabilitas diri.
  4. 4.        Berdo’a. Rumus terakhir nih. Jangan lupa sebelum mengikuti test, ijin atau pamit ke orangtua dahulu. ( pernah dilakukan oleh penulis dan mujarab pisan efeknya )

Yak… itu tadi sedikit info tenatang beasiswa yang saya dapatkan selama kuliah di ITB. Semenjak mendapatkan beasiswa ini, kehidupan saya di Bandung menjadi berubah. Bisa dikatakan hidup saya sekarang menjadi lebih mudah. Sungguh karunia yang luar biasa dari Tuhan. Pada kesempatan ini saya ingin berterimakasih kepada Bank CIMB Niaga dan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan RI yang telah memberikan saya kesempatan mendapatkan beasiswa yang luar biasa ini. Ucapan terimakasih juga saya tujukan kepada ayah, ibu dan kakak-kakakku yang senantiasa mendoakan dan mendukung hingga akhirnya saya bisa mendapatkan beasiswa ini.
Oia, jika teman-teman pembaca ingin mendapatkan info lebih banyak tentang beasiswa yang penulis dapatkan, sumber referensi bisa di akses di website : www.rumahbeasiswa.com dan www.infobeasiswa1.com .
Okee.. sekian dulu ya artikel ini. Intinya teh sekedar sharing informasi beasiswa aja. Buat temen-temen dan adik-adik SMA jangan pernah menyerah ya dalam mendapatkan beasiswa. Asal kita berprestasi, beasiswa dapat kita dapatkan dengan mudah. Sampai ketemu lagi di postingan saya selanjutnya.. :’)
Wassalamualaikum….

0 Response to "Beasiswa Unggulan CIMB Niaga-Kemdikbud RI"

Poskan Komentar

Pertanyaan Saran dan Kritik bisa disampaikan disini: