Jalur masuk UI 2015

Lulusan SMA Sederajat yang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi dapat mengikuti berbagai jalur masuk. Universitas Indonesia membagi dua kategori jalur masuk yakni:
Jalur Undangan adalah seleksi masuk berdasar nilai raport. Penerimaan berdasarkan prestasi akademik yang ditunjukkan dengan nilai raport dengan memperhitungkan indeks prestasi sekolah serta menyesuaikan dengan daya tampung yang ada. Jalur undangan hanya diperuntukkan siswa yang akan lulus pada tahun yang sama saat mendaftar. Misalnya PPKB 2015 adalah untuk lulusan SMA Sederajat tahun 2015.
  • SNMPTN adalah jalur undangan untuk program pendidikan S1 Reguler. Meski namanya undangan, tidak berarti UI mengirimkan undangan ke sekolah. Melainkan panitia nasional SNMPTN yang mengumumkan kepada sekolah untuk mengisikan data siswa di website PDSS agar siswa dapat mendaftar SNMPTN. Pendaftar dapat memilih beberapa program pendidikan yang ada di berbagai perguruan tinggi yang ada di Indonesia.. Penjelasan SNMPTN dapat dilihat disini. Siswa yang tidak dapat mengikuti SNMPTN, masih berkesempatan mendaftar S1 Reguler melalui SBMPTN dan SIMAK UI.
  • PPKB adalah jalur undangan untuk program pendidikan Vokasi dan S1 Paralel. Hanya sekolah yang mendapat undangan dari UI, yang dapat mendaftarkan siswanya di program ini. Pendaftar hanya dapat memilih satu program studi Vokasi atau satu program S1 Paralel yang ada di UI. Siswa yang tidak dapat mengikuti PPKB, masih berkesempatan mendaftar S1 Paralel melalui ujian tulis SIMAK UI.
  • Talentscouting adalah jalur undangan untuk program pendidikan S1 Kelas Internasional. Sama seperti PPKB, hanya sekolah yang mendapat undangan yang dapat mendaftarkan siswanya di program ini. Pendaftar hanya dapat memilih satu program studi S1 Kelas Internasional yang ada di UI. Siswa yang tidak dapat mengikuti Talentscouting, masih berkesempatan mendaftar S1 Kelas Internasional melalui ujian tulis SIMAK UI – Kelas Internasional.
Jalur Tulis adalah seleksi masuk berdasar ujian tulis. Penerimaan berdasarkan hasil ujian tulis. Jalur tulis dapat diikuti siapa saja tanpa batasan tahun lulus dengan mengikuti ketentuan masing-masing program pendidikan.
  • SBMPTN adalah jalur tulis yang diselenggarakan oleh panitia nasional SBMPTN. Jalur tulis ini diperuntukan program pendidikan S1 Reguler. Batasan tahun lulus pendaftaran jalur ini adalah maksimal 3 tahun, contoh: pendaftaran SBMPTN 2015 untuk lulusan SMA Sederajat tahun 2015, 2014, 2013. Pendaftar dapat memilih beberapa program pendidikan yang ada di berbagai perguruan tinggi yang ada di Indonesia. Penjelasan lebih lanjut silakan kunjungi website resmi SBMPTN.
  • SIMAK adalah jalur tulis yang diselenggarakan oleh UI. Jalur tulis ini diperuntukkan program pendidikan S1 Reguler, S1 Paralel dan Vokasi. Batasan tahun lulus berlaku untuk pendaftar S1 Reguler. Sedangkan untuk S1 Paralel dan Vokasi tidak ada batasan tahun lulus. Pendaftar dapat memilih beberapa prodi/jurusan yang ada program pendidikan S1 Reguler, S1 Paralel dan Vokasi sekaligus hanya dengan satu kali ujian. Penjelasan lebih lanjut akan disampaikan di website ini.
  • SIMAK – Kelas Internasional adalah jalur tulis yang diselenggarakan oleh UI untuk program pendidikan S1 Kelas Internasional. Tidak ada batasan tahun lulus untuk mendaftar program ini. Materi ujian dalam bahasa inggris. Penjelasan lebih lanjut akan disampaikandi website ini.
Jadwal penerimaan mahasiswa baru tahun akademik 2015 dapat dilihat disini.
Jalur masuk tidak mempengaruhi biaya pendidikan. Karena biaya pendidikan bukan ditentukan berdasar jalur masuk, melainkan berdasar program pendidikan. Perbedaan biaya pendidikan antar program pendidikan secara umum adalah, biaya pendidikan S1 Reguler bebas uang pangkal sedangkan Vokasi(D3), S1 paralel dan S1 Kelas Paralel dibebankan uang pangkal pada saat pertama kali diterima. Mengingat belum ada biaya pendidikan 2015 yang dapat ditampilkan, sementara ini dapat melihat biaya pendidikan tahun sebelumnya disini.

Brosur PMB 2015_Reguler Pararel dan vokasi

0 Response to " Jalur masuk UI 2015"

Poskan Komentar

Pertanyaan Saran dan Kritik bisa disampaikan disini: